Minggu, 27 Februari 2011

Jaksa Bacakan BAP sebagai Keterangan Saksi

| Minggu, 27 Februari 2011 |

Sidang perkara dugaan korupsi tukar guling ruislagh Kebun Binatang Medan dengan terdakwa Ramli Lubis kembali digelar di Pengadilan Negeri Medan, Kamis (17/2). Jaksa mengungkapkan bahwa empat orang saksi yang rencananya didengarkan keterangannya, tidak hadir seorang pun, akhirnya jaksa membacakan kesaksian dari BAP.

Selama ini, dalam beberapa kali persidangan JPU yang dimpimpin oleh Rehulina Purba terlihat kesulitan dalam menghadirkan saksi. Hal ini telah beberapa kali diperingatkan oleh majelis hakim yang diketuai oleh Suhartanto.

JPU selalu diingatkan agar menghadirkan saksi lebih dari dua orang, agar perkara ini cepat tuntas. Namun, JPU selalu saja menghadirkan saksi tidak lebih dari dua, bahkan untuk sidang hari ini JPU tidak sanggup menghadirkan meski pun hanya seorang saksi.



JPU membacakan BAP delapan saksi yang telah diperiksa di Kejagung. Delapan saksi itu, L Fahri Budiman di tahun 2004 lalu menjabat sebagai Kepala Kantor BPN Medan yang menyatakan tidak pernah melakukan kegiatan apa pun, terkait ruislagh. Meski pun namanya masuk dalam daftar sebagai panitia.

Usai pembacaan BAP saksi pertama, Ramli sempat membantah bahwa ia tidak pernah mengarahkan kepada satu kontraktor seperti apa yang disebutkan dalam BAP L Fahri Budiman. Saksi kedua Adil Syahputra yang berprofesi sebagai pengacara. Dalam BAP itu diterangkan mengenai jual beli tanah. Karena tidak relevan, Ramli menanggapinya dengan mengatakan bahwa ia tidak mengetahui materi apa yang dibacakan dan ia tidak mengenal saksi.

Begitu juga halnya dengan saksi lainnya, Milan perangin-angin, Jaka, Suwitno, Muhammad Yusuf, Umi Nasution dan Sobirin. Ramli menyatakan tidak mengetahui materi apa yang dibacakan dan sama sekali belum pernah bertemu saksi.

Sidang akan dilanjutkan pada Selasa mendatang dengan mendengarkan kesaksian dari Heriono dan Tarmiji, terdakwa dalam kasus yang sama dan berkas berbeda.

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com